Kamis, 29 November 2012

Tentang LARAS (Laskar Prajurit Sunda)


Sejatinya kami adalah PASKIBRA satuan SMPN 1 Cileunyi Kab. Bandung, biasanya orang-orang menyebut kami dengan sebutan PASSACIL, namun rasanya tidak ada yang salah jika kami membuat sebuah nama panggilan untuk kami, dan ini berbicara tentang LARAS. Bagi kami LARAS bukan hanya sebuah nama dan tapi dia sebuah doa. LARAS mempunyai makna yang ganda. Pertama, LARAS adalah kependekan dari kalimat Laskar Prajurit Sunda. Laskar adalah kelompok/pasukan yang sejatinya mempunyai cara pandang dan cita-cita yang sama dalam melakukan setiap cara fikir dan gerak langkah. Prajurit, secara pengertian nyaris tidak ada yang berbeda dengan Laskar, namun secara makna kami memandangnya dengan berbeda. Jika Laskar lebih mengedepankan tentang suatu hal yang sifatnya tentang kesamaan cara pandang, bercita-cita dan pola langkah. Lain halnya dengan Prajurit yang lebih mengedepankan tentang jiwa atau mental yang ada atau sifat dari Prajurit itu sendiri, seperti sifat disiplin, tanggung jawab, setia, jujur dll yang berkaitan dengan  jiwa yang dimiliki oleh para Prajurit dalam hal ini adalah Prajurit Militer dan sejenisnya. Dan Sunda, Sunda sendiri mempunyai banyak makna, bahasa sangsekerta menyebutnya dengan kata Sund yang artinya bercahaya dan terang benderang, Bahasa Kawi menyebut sunda dengan makna subur dan berkualitas, dan orang sunda sendiri mempunyai pendangan tersendiri, Sunda berasalah dari kata Sonda yang artinya unggul, senang, bahagia, lelaki yang tampan dan perempuan yang cantik, serta pengertian lainnya yang masing-masing mempunyai makna tersendiri yang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Kami pun mempunyai cara pandang tersendiri tentang kata Sunda, jika pemaparan diatas lebih membahas secara pengertian, maka kami memandangnya dengan sebuah makna, bahwa Sunda disini lebih kepada komunitas/suku yang ada di Indonesia yang sebagian besar berdomilisi di daerah Banten dan Jawa Barat dengan berbagai keanekaragaman budaya dan perbedaan dengan suku lainyya yang ada di Indonesia, namun tetap memegang teguh Bhineka Tunggal Ika.  Jati diri yang mempersatukan orang Sunda adalah bahasanya dan budayanya. Orang Sunda dikenal memiliki sifat optimistis, ramah, sopan, dan riang. Maka diharapkan dengan mengambil kata Sunda, kami mampu membawa budaya dan merealisasikan ciri khas sifat orang sunda digaris kehidupan.

Jika dijadikan sebagai pengertian yang tunggal, Laskar Prajurit Sunda adalah sekelompok orang yang berada di wilayah Tatar Sunda yang mempunyai cara pandang, cita-cita dan pola gerak yang sama dengan bermodalkan sifat disiplin, tanggung jawab, setia dan jujur yang dengannya membawa segala hal yang menjadi istimewa di wilayah Tatar Sunda (termasuk didalamnya adalah budaya) kepada pergaulan luas.

Dimuka kita berbicara tentang makna kata dari Laskar, Prajurit dan kata Sunda sampai kepada menemukan pengertian yang tunggal dari Laskar Prajurit Sunda. Selanjutnya dari kalimat Laskar Prajurit Sunda munculah sebuah kependekan atau nama baru dari kalimat itu, LARAS adalah kata yang mewakili tiga kata diatas. Secara pengertian, Laras pun mempunyai arti, yang artinya adalah setala, serasi, sesuai dan sepadan yang dalam hal ini setala, serasi, sesuai dan sepadan dalam segalanya yang direalisasikan dengan  gerakan tubuh (PBB). So, ternyata Laskar Prajurit Sunda mempunyai makna ganda. Lalu, nama mana yang dipakai ? LARAS adalah nama yang mewakili kami.

Namun seiring dengan pekembangan, ada juga yang menyebut LARAS adalah sebuah Managemen dalam pengelolaan kepelatihan dalam dunia Perlombaan Baris atau sejenisnya, ini terlihat dengan adanya bentuk latihan bersama dan penggunaan kata LARAS disetiap penampilan dalam dunia perlombaan oleh kami yang mempunyai keselarasan. Hemm.. untuk hal ini, syah-syah saja orang berpandangan demikian.
                 

0 komentar:

Posting Komentar